W E L C O M E

Selamat datang di blog kami, semoga memberikan manfaat...dan dimohon memberikan komentar yang mendidik dan santun, thank's...

Jumat, 22 Maret 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah                   :     
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                  :     VII/II
Standar kompetensi          :     3.   Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar            :     3.1 Menguraikan hakikat, hukum, dan kelembagaan HAM
Alokasi waktu                   :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)








 


A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      menjelaskan pengertian HAM;
2.      menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia dan hal hal yang termuat di dalamnya;
3.      menyebutkan lembaga perlindungan hukum di Indonesia;
4.      menjelaskan peranan/fungsi Komnas HAM;
5.      menyebutkan tugas Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas ( integrity )

B.   Materi Pembelajaran
1.      Pengertian dan definisi HAM
2.      Dasar hukum penegakan HAM di Indonesia
3.      Lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia

C. Metode
      Tanya jawab, diskusi, ceramah bervariasi, presentasi dan penugasan.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a.  Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
      Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
·         Guru memberi penjelasan konsep secara umum tentang arti/pengertian HAM yang ada dalam NKRI.
·         Guru memberi penjelasan tentang dasar hukum penegakan HAM di Indonesia.
2).  Elaborasi
·         Melakukan kajian pustaka dengan menelaah UUD 1945 pada Pasal 28A sampai 28J.
·         Membagi siswa dalam 8 kelompok.
·         Menginstruksikan siswa untuk berdiskusi setelah mendengar dan menelaah tentang UUD 1945 pasal 28A sampai dengan 28J.
·         Setelah selesai, masing-masing kelompok melakukan presentasi hasil diskusi
3) Konfirmasi
·         Guru meminta pendapat siswa tentang pengertian HAM dan UUD 1945 pada pasal 28A.
·         Guru beserta siswa melakukan tanya jawab agar tidak ada keraguan tentang hasil telaahan   UUD 1945 pada Pasal 28A sampai 28J.
      Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Memberikan post test sebagai umpan balik.
c.       Melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya dengan membuat resume tentang pengertian HAM, UUD 1945, dan UU No. 39 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 23 tahun 2002.

2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
      c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
      Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
·         Menjelaskan konsep tentang pentingnya mengerti dan memahami hak asasi.
2).  Elaborasi
·         Melakukan kajian pustaka tentang hak-hak anak yang tercantum dalam Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
·         Membagi siswa dalam 8 kelompok dan mendiskusikan hak-hak anak.
·         Mempresentasikan hasil diskusi.
 3) Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan terhadap materi
      Penutup
a.         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.
b.         Guru memberikan post test
c.         Guru melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah
d.         Guru meminta siswa untuk membaca dan menelaah buku-buku PKn dengan kajian pustaka guna mempersiapkan materi yang akan datang.

E. Sumber Pembelajaran
  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • UUD 1945
  • UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia
  • UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak


F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menjelaskan definisi HAM

· Menjelaskan dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia

· Menunjukkan lembaga perlindungan  HAM

· Menunjukkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang HAM

· Menjelaskan  berbagai instrumen HAM


Tes tertulis














Tes tertulis

Pilihan Ganda






























































































Uraian
1.    Pasal 28A UUD 1945 menyebutkan bahwa setiap orang berhah untuk hidup, sertaberhak mempertahankan hidup dan ….
            a.     kemerdekaan
            b.     kehidupan
            c.     ketenteraman
            d.     keinginan
2.    Lembaga perlindungan HAM yang melindungi korban tindak kekerasan dan orang hilang adalah ….
  1. Komnas Ham  
b.      c.  Kontras
c.       LBH                             
d.      d.  PBHI
3.   Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28A sampai dengan 28J mengatur tentang ….
  1. hak azasi manusia
b.      pengadilan hak azasi manusia
c.       hak dan kewajiban warga Negara
d.      kebebasan berserikat dan berkumpul
4.   Sarana pengakkan HAM :
a.       UUD 1945
b.      Tap MPR No. XV Th. 1998
c.       UU No. 39 Tahun 1999
d.      UU No. 26 Tahun 2000
5.   Peraturan Pemerintah No. 2 Th. 2002 Instrumen Hak Azasi Manusia di Negara RI adalah  ….
a.       1, 2, 3, 5         
b.      c.  1, 2, 5, 6
c.       1, 2, 4, 5         
d.      d.  2, 3, 5, 6
6.   Yang bukan merupakan hak asasi manusia yang pokok berikut ini adalah ….
a.   hak untuk berkumpul
b.   hak hidup
c.   hak kemerdekaan
d.   hak memperoleh kebahagiaan
7.    Hak berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pendapat tercantum dalam UUD 1945 pasal ….
            a.     28E ayat 1
            b.     28E ayat2
            c.     28 ayat 3
            d.     28D ayat 4
8.    Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. Hal itu ditegaskan dalam UUD 1945
            Pasal ….
     a.   28D ayat 1
     b.   28D ayat 4
     c.   28G ayat 1
     d.   28G ayat 2
9.    Berdasarkan pasal 28J, setiap orang ….
     a.   berhak menghormati orang lain
b. membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan
     c.   wajib menghormati hak asasi orang lain
     d.   bebas memiliki hak yang seluas-luasnya
10.Lembaga resmi yang bertujuan meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia adalah ….
            a.   Pengadilan
      b.   DPR
      c.   POLRI
      d.   Komnas HAM
11.Tugas dan wewenang Komnas HAM  adalah ….
     a.   mengamati pelaksanaan HAM
b.   mewujudkan lembaga yang mandiri dan profesional
c.   membantu menyelesaikan pelanggaran HAM di masyarakat.
d.   mengadakan pengkajian, penelitian, dan penyuluhan tentang HAM
12.Komnas HAM berada di ….
            a.   Jakarta
        b.   Kabupaten
        c.   Provinsi
        d.   Kecamatan
13.Berikut ini termasuk lembaga perlindungan dan penegakan HAM selain KOMNAS HAM, kecuali ….
            a.   Komisi Perlindungan Anak
      b.   POLRI
      c.   Pengadilan HAM
      d.  Perusahaan Nasional
14.Ketua Komnas Perlindungan anak sekarang ini dijabat oleh ….
            a.   Seto Mulyadi
      b.   Mutia Hatta
      c.   Yusril Ihza Mahendra
      d.   Hamid Awaludin
15. dibawah ini yang termasuk instrumen HAM adalah, kecuali...
a. UU No 40 Tahun 2008
b. UU No 39 Tahun 1999
c. Tap MPR No. XVII/MPR/1998
d. Keppres No. 181 tahun 1982

1.      Jelaskan pengertian HAM!
2.      Sebutkan 2 lembaga perlindungan HAM di Indonesia!
3.      Sebutkan landasan hukum jaminan dan perlindungan HAM di Indonesia!
4.      Jelaskan peranan/tujuan Komisi Perlindungan Anak!
5.      Sebutkan 8 contoh hak-hak mu sebagai manusia diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002!



Mengetahui,


Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

1 komentar:

  1. Masih belum menemukan Bandar Betting Online Indonesia Terbaik dan Terpercaya? S128Cash adalah tempat yang tepat bagi Anda semua.
    Perlu Anda ketahui bahwa S128Cash telah mendapatkan lisensi RESMI dari pusat Perjudian Internasional, jadi tidak ada yang perlu Anda khawatirkan lagi.
    Semua permainan yang digemari masyarakat Indonesia tersedia disini, seperti :
    - Sportsbook
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - IDN Poker
    - Slot Games Online
    - Tembak Ikan Online
    - Klik4D

    S128Cash juga menyediaka PROMO BONUS yang sangat menarik, yaitu :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Segera daftarkan diri Anda dan rasakan nyamanan bergabung bersama kami serta raih kemenangan Anda !!
    Hubungi kami :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Website Judi Bola Terpercaya

    BalasHapus